Pulau Seribu – Travelitatour

explore pulau seribu

Keindahan Wisata di Pulau Seribu

Wisata Pulau Seribu – Anda tentunya sudah sering mendengar tentang Pulau Seribu bukan? Kepulauan Seribu ini terletak di Provinsi DKI Jakarta dan memiliki banyak gugus pulau yang sangat indah. Bagi warga Jakarta, berwisata di Pulau Seribu Jakarta Utara bisa menjadi pelarian singkat nan manis yang tidak membutuhkan banyak waktu untuk mencapainya. Hanya tinggal menyeberang ke pulau dengan perahu yang disediakan dan dalam sekejap Anda sudah sampai di kepulauan seribu.
Wisata Pulau Seribu juga sering kali dijadikan sebagai liburan di masa pandemi, karena banyak warga Jakarta yang tidak bisa keluar kota untuk berlibur karena pandemi. Maka sebaiknya berlibur saja di Pulau Jakarta, toh pemandangannya tidak kalah bagus dengan kepulauan lainnya di Indonesia. Untuk Anda yang ingin berlibur dengan mudah maka Anda bisa mengambil paket Pulau Seribu pada berbagai travel murah yang menyediakannya. Sehingga dengan demikian liburan Anda menuju Pulau Seribu akan dipandu oleh travel tersebut.
Sebelum Anda datang langsung ke Pulau maka ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu mengenai keindahan pulau-pulau yang ada di gugusan kepulauan seribu.

Pulau Tidung

Pulau Seribu – Pulau Tidung hanyalah satu dari sekian banyak pulau yang terdapat di gugusan kepulauan seribu. Sebagai pulau yang memiliki ukuran yang cukup besar, maka pulau tidung ini memiliki banyak daya tarik dan menjadi favorit para wisatawan yang datang ke sana. Pulau tidung ini pun selalu menjadi salah satu pulau yang wajib ada dalam paket travel Pulau Seribu 2021. x
Pulau Tidung ini terbelah menjadi dua pulau yaitu Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Di pulau Tidung besar terdapat banyak penginapan dan fasilitas wisata sedangkan Pulau Tidung Kecil merupakan pulau tidak berpenghuni serta hanya dijadikan sebagai tempat konservasi alam. Diantara kedua pulau tidung tersebut terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan keduanya yang biasa disebut sebagai jembatan cinta.
Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di pulau tidung, salah satunya adalah snorkeling.

Pulau Semak Daun

Pulau Semak Daun merupakan pulau lainnya pada Kepulauan Seribu yang menjadi favorit para wisatawan. Pulau Semak Daun ini sebenarnya bukanlah merupakan pulau yang dihuni maka dari itu jika Anda datang ke sana untuk berwisata sebaiknya Anda membawa tenda untuk beristirahat. Pulau ini sering dikunjungi karena daya tarik wisata bawah lautnya.
Banyak orang yang datang ke Pulau Semak Daun ini untuk melakukan snorkeling atau menyelam. Karena merupakan pulau yang alami dan tidak berpenghuni maka saat berada di sana Anda harus benar-benar menjaga kebersihannya.

Pulau Bira

Di Kepulauan Seribu memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya maka tak heran jika saat Anda datang ke Pulau Seribu, Anda memiliki banyak pilihan pulau yang bisa menjadi tujuan snorkeling atau diving. Salah satunya adalah di Pulau Bira ini, sama seperti pulau Tidung, maka Pulau Bira ini juga terdiri dari dua buah pulau, kecil dan besar.
Jika Anda bertanya mana Pulau Seribu paling bagus, maka rasanya akan susah untuk menjawabnya karena semua pulau yang ada di Kepulauan Seribu sangatlah bagus. Di Pulau Bira ini Anda tidak hanya bisa snorkeling atau diving saja, namun Anda juga bisa berenang di sekitar pesisir pantainya. Karena ombak di pulau Bira ini sama sekali tidak besar sehingga sangat aman jika Anda ingin berenang santai di tepian pantainya.

Pulau Harapan

Jika Anda membicarakan tentang wisata Pulau Seribu maka Pulau Harapan ini merupakan pulau yang pasti juga sering disebut. Di sekitar Pulau Harapan ini terdapat banyak sekali spot untuk melakukan snorkeling dan juga diving, keindahan terumbu karangnya sangat perlu diacungi jempol. Pemandangan laut dari pulau ini pun sangatlah indah, Anda juga bisa menghabiskan waktu di sana dengan berjalan-jalan di sekitar pulau atau sekedar duduk-duduk di tepian jembatannya.

Pulau Pari

Ada juga pilihan pulau lainnya yaitu Pulau Pari yang jaraknya hanya sekitar 45 km saja dari Jakarta. Di pulau Pari ada 3 jenis objek wisata andalan, yaitu pantai pasir perawan, pantai Pasir Kresek dan juga Dermaga Bukit Matahari. Pilihan kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan di sekitar Pulau Pari adalah dengan bersepeda mengitari pulau sambil menikmati keindahan pulau, Anda bisa menyewa sepeda-sepeda yang disediakan oleh penduduk lokal di sana.
Selain pulau-pulau yang telah disebutkan di atas, maka masih ada banyak pulau lainnya yang bisa dikunjungi di Pulau ini. Pastinya dengan banyaknya pulau di sana, Anda tidak akan merasa bosan saat berlibur di kepulauan seribu. Berikut ini ada beberapa daya tarik lainnya dari kepulauan seribu yang sebaiknya Anda ketahui sebelum berlibur di sana:

Menjadi Tempat Konservasi Alam

Anda tentunya tahu bahwa ada banyak flora dan fauna di thousand island yang dilestarikan dan dijaga dengan ketat. Dari jenis floranya di Pulau ini ada beberapa jenis flora yang termasuk flora langka dan umurnya sudah tua, beberapa diantaranya adalah cemara laut, waru, nyamplung, cangkudu, kecundang dan butun. Salah satu pohon yang tua dan langka tersebut juga bisa Anda lihat di Pulau Pari. Sedangkan dalam jenis faunanya yang dilestarikan di kepulauan seribu adalah burung pantai, kima, karang keras dan juga penyu. Karena lokasinya yang masih begitu alami, maka Pulau ini pun menjadi pilihan bagi penyu sisik dan penyu hijau untuk berkembang biak serta bertelur di pantainya. Maka dari itu sebagai wisatawan yang datang ke Pulau Seribu Anda juga harus ikut melestarikan alam di kepulauan tersebut, salah satunya dengan tidak mengotori alamnya dengan sampah.

Replika Monas Dan Piramida Di Kedalaman Laut

Sebagai tambahan daya tarik di kepulauan Seribu, maka di kedalaman laut Pulau Seribu diletakkan beberapa replika bangunan seperti Monas dan juga Piramida. Untuk melihatnya Anda tentunya harus menyelam terlebih dulu. Replika ini juga menjadi favorit bagi fauna laut, seperti misalnya replika Piramida yang kemudian menjadi rumah bagi belut moray. Menarik sekali bukan? Replika ini diletakkan di bagian laut yang agak dalam di Pulau Pramuka untuk menghindari terjadi tabrakan dengan kapal-kapal yang melintas. Tentunya replika bangunan ini juga sangat bermanfaat bagi ekosistem laut karena bisa menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang.

Pulau Gosong Yang Mungil

Wisata Pulau Seribu – Sebenarnya dataran ini sama sekali tidak bisa disebut sebagai pulau karena luasnya hanya sekitar 10 hingga 15 meter saja. Namun dataran ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang hendak ke pulau perak untuk singgah sejenak di dataran kecil di tengah laut itu untuk sekedar berfoto. Namun ketika sore hingga malam hari, pulau ini akan tertutup dengan air laut karena adanya air pasang laut. Maka sebaiknya untuk Anda yang ingin berkunjung datanglah pada pagi hingga siang hari.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.