Pulau Seribu – Travelitatour

sunset pulau harapan

Kegiatan Yang Direkomendasikan Saat Berlibur Di Kepulauan Seribu

Pulau Seribu – Pada saat ini untuk melakukan liburan di masa pandemi sangatlah susah dengan begitu banyaknya aturan yang harus diperhatikan saat Anda hendak bepergian ke luar kota atau ke luar negeri. Maka dari itu Anda sebaiknya cukup memilih untuk liburan di daerah yang dekat dengan kota tempat Anda tinggal. Misalnya saja untuk Anda yang tinggal di daerah Jakarta dan sekitarnya, untuk bisa berlibur sejenak Anda tidak perlu harus ke luar kota, karena di daerah Jakarta ada satu tempat yang sangat cocok untuk berlibur yaitu Pulau Seribu.
Anda tentunya sudah sering mendengar tentang Pulau Seribu Jakarta Utara bukan? Kepulauan ini terdiri dari beberapa gugus pulau, sebut saja pulau harapan, pulau tidung, pulau pari, pulau pramuka dan lainnya. Ada banyak spot-spot menarik di kepulauan seribu seperti misalnya jembatan cinta, pantai pasir perawan, konservasi penyu dan masih banyak lagi. Pastinya berlibur di kepulauan seribu tidak akan membuat Anda bosan dengan berbagai pesonanya.
Anda juga bisa memesan paket pulau seribu pada travel pulau seribu 2021 yang banyak tersedia. Agar Anda bisa lebih bersiap diri dalam berwisata di sana, berikut ini ada beberapa kegiatan yang direkomendasikan di kepulauan seribu :

Menikmati Keindahan Pulau

Hal pertama yang bisa Anda lakukan di kepulauan seribu adalah menikmati keindahan pulau yang ada di sana. Pulau Seribu termasuk merupakan pulau yang sangat terjaga keasriannya karena di sana pun terdapat konservasi flora dan fauna, oleh karena itu pemerintah, masyarakat dan bahkan wisatawan juga ikut bahu-membahu dalam menjaga keasrian alamnya.
Alam yang begitu indah itu sudah sepatutnya dinikmati, maka dari itu saat Anda datang ke kepulauan seribu jangan lupa untuk menikmati keindahan di sekitar pulau dengan berjalan kaki atau bersepeda.
Jika Anda menginap di Pulau Tidung maka Anda bisa berjalan-jalan di sekitar Pulau dan melewati Jembatan Cinta yang merupakan ikon dari Pulau Tidung. Jembatan Cinta ini merupakan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil.

Berenang, Snorkeling & Diving

Untungnya kepulauan seribu ini memiliki ombak yang tidak begitu besar, maka dari itu untuk Anda yang membawa anak-anak bisa memilih beberapa spot pantai yang tidak berombak untuk berenang dengan nyaman. Anda juga bisa melakukan snorkeling, karena pulau seribu memiliki banyak sekali spot bawah laut yang sangat indah dengan berbagai terumbu karangnya serta fauna bawah laut.
Ada juga spot di dalam laut kepulauan seribu yang di dalamnya terdapat miniature Monas dan miniatur Piramida yang kemudian menjadi media bagi terumbu karang serta fauna laut untuk berkembang biak. Untuk snorkeling, pilihan terbaik ada di sekitar Pulau Tidung. Kemudian Anda juga bisa melakukan diving atau menyelam, biasanya ada instruktur yang akan membantu Anda untuk menyelam. Spot terbaik untuk menyelam di kepulauan seribu adalah di Pulau Petondan Timur.
Biasanya berbagai travel murah juga menyediakan paket sekaligus dengan berbagai kegiatan menarik seperti snorkeling & diving di sekitar pulau seribu.

Melihat Hiu Di Penangkaran Hiu

Hiu dikenal sebagai hewan laut yang buas, namun di Pulau Pramuka yang merupakan salah satu pulau di kepulauan seribu, maka Anda bisa lebih dekat dengan hewan tersebut. Karena di Pulau Pramuka terdapat Penangkaran Hiu.
Anda bisa memberi makan hiu-hiu yang ada dalam penangkaran tersebut dan melihatnya berenang. Penangkaran Hiu ini bermanfaat untuk melestarikan spesies hewan tersebut sebelum kemudian melepaskannya ke habitat aslinya. Tentunya melihat hiu dari jarak dekat merupakan momen yang langka.
Maka dari itu jangan sia-siakan kesempatan tersebut pada saat Anda melakukan wisata pulau seribu. Apalagi karena hiu-hiu tersebut dirawat oleh manusia maka hiu-hiu tersebut tidak agresif pada manusia serta cenderung ramah, maka dari itu pemandangan ini tentunya merupakan pemandangan yang menarik untuk dilihat.

Melihat Penangkaran Penyu Sisik

Selain penangkaran hiu, Anda juga bisa melihat penangkaran penyu sisik. Karena alamnya yang masih asri maka kepulauan seribu menjadi pilihan bagi penyu sisik dan penyu hijau untuk berkembang biak. Mereka datang ke pantai secara alami dan kemudian bertelur di pinggir pantainya. Beberapa spot tempat penangkaran penyu yang bisa Anda kunjungi ada di Pulau Pramuka, Pulau Kelapa Dua dan Pulau Semak Daun.
Di bagian belakang Pulau Harapan, atau tepatnya yang berada di Taman Biota Laut, Anda juga bisa melihat penangkaran penyu sisik. Bahkan kalau waktunya tepat Anda bisa melihat proses penyu-penyu tersebut saat bertelur. Jika Anda beruntung, Anda juga bisa membantu melepaskan tukik-tukik atau anak penyu untuk dilepaskan di pantai menuju kehidupan baru mereka di laut.
Rasanya sangat menyenangkan bisa membantu melepaskan tukik itu untuk menuju ke laut lepas dan berharap semua tukik itu bisa tumbuh besar serta kelak kembali lagi ke pantai untuk bertelur sebagai penyu dewasa.

Berfoto Ria Di Jembatan Pengantin & Pantai Saung Cemara Kasih

Anda jangan sampai melewatkan kesempatan untukberfoto ria mengabadikan momen liburan Anda di pulau seribu. Karena selain pemandangannya yang indah, pulau seribu juga memiliki beberapa spot foto yang menarik. Salah satunya adalah di Jembatan Pengantin. Jembatan Pengantin adalah sebuah jembatan yang berbentuk hati yang terbuat dari pipa PVC serta beton yang mengitari Pohon Pengantin. Tentunya spot ini bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk berfoto bersama pasangan Anda.
Selain itu di Pantai Saung Cemara Kasih, terdapat sebuah spot dimana Anda bisa bermain ayunan di tengah laut. Karena keunikannya itu maka ada banyak wisatawan yang rela mengantre untuk bisa mendapatkan kesempatan berfoto di spot foto tersebut.

Mengunjungi Benteng Bersejarah

Kepulauan Seribu juga merupakan saksi sejarah perjuangan masyarakat Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda, tak heran jika Anda bisa melihat jejak sejarah pada masa itu. Seperti misalnya di Pulau Kelor Anda bisa mengunjungi Benteng Martello.
Kemudian ada juga sebuah meriam yang tertinggal di Pulau Onrust yang kabarnya sudah berusia 17 abad. Tak lupa ada pula makam yang bersejarah tempat bersemayamnya Panglima Hitam dan Raja Pandhita. Panglima Hitam adalah seorang pejuang yang dulunya gencar memberikan perlawanan pada Belanda, sedangkan Raja Pandhita merupakan seorang tokoh yang dipercaya menemukan Pulau Tidung.
Menarik sekali bukan? Ternyata berlibur di pulau seribu tidak hanya sekedar memberikan Anda hiburan saja, namun juga tambahan pelajaran yang berharga tentang perjuangan di masa penjajahan.
Selain kegiatan yang sudah dijabarkan di atas, sebenarnya masih ada beberapa rekomendasi kegiatan lainnya yang bisa Anda lakukan saat berada di pulau seribu. Pastinya Anda perlu mempersiapkan diri dan menghubungi pihak travel murah terlebih dulu yang bisa membantu Anda untuk berlibur dengan lebih menyenangkan di Kepulauan Seribu sehingga dengan demikian liburan Anda bisa menjadi lebih bermakna.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.