Pulau Seribu – Travelitatour

pantai genteng kecil

Intip 6 Rekomendasi Wisata di Pulau Seribu yang Paling Eksotis

Menikmati panorama wisata Pulau Seribu bahari Indonesia, rasanya tidak akan lengkap jika Anda tidak mengunjungi Kepulauan Seribu. Salah satu wisata laut yang eksotis nan cantik ini terletak di sebelah utara Jakarta yang mana pusat pemerintahan kabupatennya terletak di Pulau Pramuka.
Sesuai dengan namanya, Pulau Seribu ini memiliki cukup banyak pulau yang masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Anda bisa melakukan perjalanan ke salah satu pulau atau ke beberapa pulaunya sesuai dengan minat Anda.
Jika Anda ingin melakukan one day tour di wisata Kepulauan Seribu ini, Anda dapat melihat beberapa rekomendasi pulau terbaik yang bisa Anda pilih sebagai destinasi wisata Anda.
Rekomendasi Pulau Terbaik di Kepulauan Seribu

1. Pulau Pari

Salah satu pulau favorit pengunjung yang ada di Pulau Seribu ini adalah Pulau Pari. Untuk menuju ke sana, Anda perlu menempuh perjalanan selama 2 jam dari Pelabuhan Kali Adem yang ada di Muara Angke. Namun, Anda tidak perlu takut bosan, karena selama perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan laut yang jernih dan disambut dengan hamparan pasir putih yang cantik.
Pulau yang terkenal dengan sebutan Pantai Pasir Perawan itu sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan kegiatan watersport, seperti snorkeling, banana boat, diving, dan lainnya.

2. Pulau Tidung

Siapa sih yang tidak kenal jembatan cinta di Kepulauan Seribu ini? Ikon Pulau Tidung ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena mitosnya yang dapat membuat hubungan sepasang kekasih langgeng hingga bisa cepat mendapatkan jodoh. Jembatan ini menjadi penghubung Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil.
Jika Anda ingin berwisata dengan fasilitas umum yang lengkap, maka Pulau Tidung Besar dapat menjadi pilihan yang tepat, karena pulau ini adalah salah satu pulau yang berpenghuni. Namun, jika Anda ingin melakukan aktivitas snorkeling atau mengunjungi konservasi hutan bakau, Pulau Tidung Kecil dapat menjadi pilihan yang tepat.

3. Pulau Pramuka

Pulau ini merupakan salah satu pulau berpenghuni yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Di sana, Anda bisa melakukan aktivitas di tepi pantai, seperti bermain voli, berjemur, atau melakukan aktivitas air seperti berenang, diving, atau snorkeling. Jika Anda ingin berwisata sambil edukasi, berkunjung ke tempat penangkaran penyu juga dapat menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

4. Pulau Macan

Pulau Seribu paling bagus selanjutnya ialah Pulau Macan. Pulau ini menyuguhkan keindahan laut yang berwarna biru kehijauan yang sangat eksotis. Jika Anda menginginkan liburan layaknya Maldives, Pulau Macan ini juga dapat menjadi pilihan yang tepat karena di sana tersedia beberapa resort sederhana terbuat dari kayu, yang dapat Anda nikmati sebagai tempat bermalam yang indah di tepi pantai.
5. Pulau Onrust
Bosan snorkeling ingin berwisata sejarah? Pulau Onrust dapat menjadi pilihan pulau yang tepat! Nama “onrust” ini sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti “tidak pernah beristirahat”. Pulau ini dinamakan demikian, karena pada zaman penjajahan Belanda, pulau ini menjadi tempat hilir mudik kapal Angkatan Laut Belanda dan menjadi pusat pergudangan.
Di pulau ini, Anda akan menjumpai banyak bebatuan dan sisa-sisa benteng pertahanan Belanda yang ada di sekitar pesisir pantai. Sayangnya, di pulau ini tidak tersedia penginapan, jadi jika Anda tertarik bermalam di sana, Anda bisa berkemah dengan peralatan yang Anda bawa sendiri.

6. Pulau Ayer

Wisata di Kepulauan Seribu yang menarik lainnya ialah Pulau Ayer. Dahulu, pulau ini sempat dijadikan tempat peristirahatan oleh raja-raja di Banten hingga Presiden Soekarno. Fasilitas di dalamnya sangat lengkap. Mulai dari wisata air, toko cendera mata, penginapan murah, hingga resort yang mahal. Resort di sini pun mengusung tema yang unik yakni rumah adat Papua, atau rumah Honai yang bisa Anda tempati bersama keluarga atau teman-teman Anda.
Tips Wisata One Day Tour di Kepulauan Seribu

1. Cari informasi lengkap

Sebelum memutuskan berlibur ke sana, Anda perlu mencari tahu informasi sedetail mungkin tentang wisata di Kepulauan Seribu ini. Ketahui wisata apa saja yang ditawarkan, berapa dana yang harus disiapkan, bagaimana akomodasi dan transportasinya, dan sebagainya.

2. Buat rencana jauh sebelum hari keberangkatan

Meski Anda hanya berlibur selama satu hari di sana, Anda perlu menyusun rencana jauh-jauh hari, agar saat hari tiba Anda telah siap dan bisa mengefektifkan waktu berlibur Anda. Rencanakan pulau apa saja yang akan Anda kunjungi dan bagaimana pembagian waktunya, agar perjalanan singkat Anda tetap menyenangkan dan berkesan.

3. Tentukan jenis penginapan yang Anda inginkan

Pada wisata Pulau Seribu terdapat beberapa pulau yang berpenghuni dan tidak berpenghuni. Jika Anda berencana menginap di pulau tak berpenghuni sebaiknya persiapkan segala peralatan berkemah Anda sebelum hari keberangkatan.
Namun, jika Anda memilih pulau yang berpenghuni, Anda dapat memilih berbagai penginapan yang tersedia di sana. Di sini Anda dapat menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

4. Pastikan Anda mendapatkan kapal sejak pagi hari

Jika Anda melakukan perjalanan ke Pulau Seribu tanpa agen wisata, sebaiknya segera cari kapal penyeberangan sejak pagi hari, agar waktu Anda tidak terbuang hanya untuk menunggu kapal saja. Jangan lupa, tanyakan kepada nahkoda kapal, kapan waktu kapal akan pergi dan pulang kembali.

5. Ingat jadwal kepulangan kapal

One day tour ini tentu tidak akan bisa benar-benar “sehari semalam” jika Anda tertinggal dari kapal yang akan Anda tumpangi. Jadi, pastikan Anda mengingat jadwal kapal kembali ke pelabuhan. Sebab, biasanya setiap kapal dengan tujuan pulau tertentu, memiliki waktu keberangkatan dan kepulangan yang berbeda.
Tarif Kapal ke Kepulauan Seribu
Untuk menuju ke Kepulauan Seribu, biasanya Anda akan diberangkatkan dengan kapal dari Pelabuhan Kaliadem, Muara Angke, Jakarta Utara. Jika Anda ingin pergi ke dermaga, sebaiknya tempuh perjalanan di pagi hari. Sebab, saat Anda memasuki pintu gerbang Kampung Nelayan Muara Angke, lalu lintas cukup padat, sehingga bisa memperlambat perjalanan Anda.
Jika Anda tertarik ingin menggunakan jasa kapal yang disediakan oleh Dinas Perhubungan Jakarta, berikut ini daftar tarif naik kapal dari Muara Angke ke pulau tujuan untuk sekali keberangkatan.

Kelompok 1

• Pelabuhan ke Pulau Pari
• Pelabuhan ke Pulang Untung Jawa
• Pelabuhan ke Pulau Lancang
Harga tiket: Rp 70.000

Kelompok 2

• Pelabuhan ke Pulau Tidung
• Pelabuhan ke Pulau Kelapa
• Pelabuhan ke Pulau Pramuka
• Pelabuhan ke Pulau Payung
• Pelabuhan ke Pulau Panggang
Harga tiket: Rp 90.000

Kelompok 3

• Pelabuhan ke Pulau Sabira
Harga Tiket: Rp75.000
Nah itu dia, rekomendasi wisata di Kepulauan Seribu yang dapat menjadi inspirasi untuk Anda. Jika Anda ingin melakukan one day tour, pastikan Anda telah mempersiapkannya jauh-jauh hari dan memilih pulau mana yang paling menarik bagi Anda.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.